SD LABSCHOOL FIP UMJ TELAH MENGADAKAN PROGRAM STUDENT EXCHANGE

Lab School FIP UMJ Adakan Pelatihan Hattaiyah
July 29, 2017
PENAMPILAN ANGKLUNG SD LABSCHOOL FIP UMJ DALAM ACARA PEMBUKAAN PENGKAJIAN PP MUHAMMADIYAH
July 31, 2017

SD LABSCHOOL FIP UMJ TELAH MENGADAKAN PROGRAM STUDENT EXCHANGE

SD LABSCHOOL FIP UMJ TELAH MENGADAKAN PROGRAM STUDENT EXCHANGE

Program students’exchange merupakansebuah program pertukaran pelajar yang dilaksanakan sekolah untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan siswa.Program ini dilaksanakan selama delapan hari dimana enam hari merupakan hari efektif dan dua hari perjalanan. Selama program berlangsung ,17 siswa peserta students’exchange terus mempelajari berbagai hal seperti kultur,bahasa,adat,budaya serta pola hidup bersekolah siswa disana.Hal ini membuat pengetahuan para siswa bertambah.

Dalam program ini para peserta berkesempatan mengunjungi empat sekolah berbeda .Masing-masing sekolah tersebut memberikan pengetahuan berbeda kepada para peserta. Pada sekolah pertama yakni Tariq Pittayapat School ,para peserta mempelajari tentang pelafalan tiga bahasa, BahasaInggris ,Bahasa Thailand dan Bahasa Indonesia.Selainitu, para peserta juga mempelajari beberapa lagu Thailand kemudian menyanyikannya.

Pada hari berikutnya, para peserta mengunjungi Anuban Muslim Krabi School.Pada sekolah ini, para peserta kembali mempelajari Bahasa Inggris, Bahasa Thailand danBahasa Indonesia, serta mempelajari salah satu masakan tradisional bernama papaya pokpok yang merupakan salah satu makanan tradisional favorit Thailand.

Berlanjut pada hari ketiga,para peserta mengunjungi Prateptham Foundation School dan mempelajari tentang metode sempoa yang digunakan sebagai dasar berhitung matematika yang digunakan di sekolah tersebut.Selain itu,para peserta juga belajar tentang broadcasting serta cara menulis dalam Bahasa Thailand.

Ar-Rayyan Pittayanusorn School menjadi sekolah terakhir yang dikunjungi para siswa pada sekolah tersebut ,siswa belajar memasak makanan tradisional Thailand lainnya, yakni.selain itu mereka juga belajar Bahasa Arab.Para peserta juga berkesempatan mengunjungi beberapa tempat wisata yang menjadi ciri khas Phuket dan Krabi.

Meski memiliki ciri fisik yang hampir serupa dengan Indonesia, Thailand memiliki perberbedaan yang bias dirasakan oleh siswa. Terutama dalam penggunaan bahasa serta alat transportasi yang ada.Selain itu,perbedaan bumbu masakan merupakan salah satu perbedaan yang bias sangat dirasakan oleh peserta program.Walaupun mengalami beberapa kesulitan,para peserta mampu menyelesaikan program dengan baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *