Antusiasme Calon Peserta Didik SD Labschool FIP UMJ Mengikuti Observasi Gelombang 1

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud Undang Khozanah, S.Pd.I sebagai Reviewer Naskah Skenario Video Modul Literasi Numerasi SD
December 4, 2020
Guru SD Lab School FIP UMJ Khozanah, S.Pd.I Ikuti Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Puspeka Kemendikbud
December 9, 2020

Antusiasme Calon Peserta Didik SD Labschool FIP UMJ Mengikuti Observasi Gelombang 1

Sabtu, 5 Desember 2020, calon peserta didik Baru SD Labschool FIP UMJ Tahun Ajaran 2021-2022 mengikuti observasi yang dilakukan sekolah dengan menggandeng lembaga ZQL Consulting yang dinakhodai oleh Bapak Hilman Budiawan, M.Psi., Psikolog. Dari 64 siswa yang terdaftar di gelombang I, 42 siswa antusias mengikuti observasi dengan didampingi wali kelas 1 yaitu Bunda Siti Maryam, S.Pd, Bunda Lika Juanita, S.Pd dan Bunda Diah Dwi Lestari, S.Pd. Sebanyak 22 siswa lainnya dinyatakan langsung diterima tanpa melalui observasi karena merupakan Alumni TK B Labschool FIP UMJ.

Observasi dilakukan secara tatap muka langsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Satu ruangan observasi dibatasi hanya 7 siswa dengan 1 guru pendamping dan 1 psikolog. Dalam kegiatan observasi sejumlah aktivitas dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan calon peserta didik dalam memasuki jenjang pendidikan dasar, antara lain bernyanyi bersama, perkenalan diri, aktivitas melompat ke depan dan ke belakang, melempar dan menangkap bola, melengkapi gambar dan menirukan gambar. Hal yang perlu diketahui bahwa SD Labschool FIP UMJ tidak melakukan tes baca tulis karena membaca dan menulis adalah bagian dari tugas dan tanggung jawab pendidikan dasar terutama di kelas 1 dan 2.

Salah satu calon orang tua peserta didik Bapak Dendi Wijaya yang juga dosen FIP UMJ mengatakan bahwa anaknya, Ammar Izqian Wirasena, bersemangat mengikuti observasi yang diadakan sekolah. Bapak Dendi yang juga kandidat Doktor Menejemen Pendidikan Islam UMJ ini berharap SD Labschool FIP UMJ menjadi tempat yang menyenangkan untuk anaknya dalam mengembangkan pengetahuan, minat bakat dan keterampilannya.

Kegiatan observasi berjalan dengan baik dan calon peserta didik merasa senang setelah mengikuti observasi. Adapun hasil observasi akan diumumkan pada tanggal 12 Desember 2020 melalui web resmi sekolah. Semoga calon peserta didik yang mengikuti observasi dapat diterima dan bisa menjadi bagian keluarga besar SD Labschool FIP UMJ yang memiliki branding “Sekolah Karatker Berbasis Al-Quran Metode Qiroati”.

Orang Tua dan Calon Peserta Didik Melaksanakan Protokol Kesehatan Sebelum Mulai Kegiatan Observasi
Calon Peserta Didik Mengisi Daftar Hadir
Kegiatan Observasi Calon Peserta Didik SD Lab School FIP UMJ
Antusiasme Calon Peserta Didik Mengikuti Kegiatan Observasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *