Psikolog Rumah Konseling: Ketahui Karakteristik Anak!

Hizbul Wathon SD Lab School FIP UMJ Giatkan Penanaman TOGA
January 31, 2019
Berexplorasi Melalui Science Day SD Lab School FIP UMJ
February 16, 2019

Psikolog Rumah Konseling: Ketahui Karakteristik Anak!

Mengetahui karakteristik psikologi perkembangan anak usia Sekolah Dasar sangat diperlukan oleh para guru dalam bidang pendidikan agar dapat membantu perkembangannya secara psikologis. Berkaitan dengan hal tersebut, untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap karakteristik psikologi perkembangan anak usia Sekolah Dasar, sekolah mengadakan workshop psikologi pendidikan dengan tema “Karakteristik Psikologi Perkembangan Anak SD”. Narasumber dalam workshop yang diadakan pada Jumat, 1 Februari 2019 ini adalah Ibu Wenny Hikmah, M.Psi, psikolog di Rumah Konseling.

Di hadapan 60 peserta yang terdiri dari guru kelas, guru bidang study, guru pendamping, shadow teacher dan mahasiswa PPG, Ibu Wenny menjelaskan bahwa penanganan guru bagi anak usia SD harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan pendekatan yang merangkul. Setelah diberikan paparan, workshop dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan pertama datangnya dari guru kelas 4 bunda Esti. Beliau meminta penjelasan tentang cara penanganan anak yang memiliki sikap sensitif dan emosional. Terkait dengan pertanyaan itu, Ibu Wenny menjelaskan bahwa dalam menangani anak seperti itu guru harus memiliki suatu ketegasan dalam bertindak. Tidak hanya itu perlakuan orang tuanya di rumah harus sama dengan perlakuan yang diterapkan di sekolah sehingga terdapat kerjasama yang baik antara rumah dan sekolah. Pertanyaan ke dua disampaiakan oleh bunda Ozan guru kelas 6. Beliau menanyakan tentang penanganan anak yang memiliki semangat belajar rendah dan terkesan tidak mengindahakan nasihat-nasihat guru. Menurut narasumber, anak dengan karakter seperti itu harus terus dimotivasi dengan cita-cita yang ingin dia capai. Sebagai guru kita berkewajiban untuk mengingatkan cita-citanya dan bagaimana cara meraihnya.

Seluruh peserta sangat antusias mengikuti workshop yang dilaksanakan sebagai bentuk kerjasama anatara lembaga Rumah Konseling dengan SD Lab School FIP UMJ. Mudah-mudahan kegiatan serupa  terus diadakan secara rutin agar guru dapat meningkatkan kompetensi paedagogiknya dalam mewujudkan siswa yang cerdas dan berkarakter. (drs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *