Berexplorasi Melalui Science Day SD Lab School FIP UMJ

Psikolog Rumah Konseling: Ketahui Karakteristik Anak!
February 6, 2019
HASIL OBSERVASI TK – SD – SMP LAB SCHOOL FIP UMJ gelombang 3
February 22, 2019

Berexplorasi Melalui Science Day SD Lab School FIP UMJ

 

Rabu, 13 April 2019. Aktivitas siswa-siswi SD Lab School FIP UMJ di hari itu tidak seperti biasanya. Sebagian dari mereka ada yang menyiapkan meja kursi untuk stand eksperimen, sebagian lagi ada yang mempersiapkan alat-alat eksperimen dan nampak beberapa siswa belajar untuk menjelaskan eksperimen yang akan dilakukan. Ya, hari itu terdapat kegiatan yang menyenangkan yaitu Science Day. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pelajaran IPA bagi sebagian siswa dianggap sebagai pelajaran yang sulit, namun dengan Science Day, IPA akan menjadi sesuatu yang menggembirakan karena ada eksplorasi pengetahuan yang diterapkan pada eksperimen-eksperimen ilmiah.

Dalam Science Day ini, setiap kelas membuat suatu kreatifitas eksperimen dimana siswa tidak hanya sekedar mengerti dan memahami eksperimen tersebut, namun lebih dari itu mereka diharapkan mampu juga menjelaskan kepada teman-teman kelas lainnya mengenai percobaan tersebut meliputi alat dan bahan yang digunakan, prosedur pembuatan alat ekperimen, urutan kegiatan praktikum, dan proses kimiawi apa yang terjadi.

Kegiatan Science Day kali ini dibuka langsung oleh Pengawas SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan bapak Munggawa, M.M.Pd. Dalam arahannya bapak pengawas memberikan apresiasi yang tinggi kepada sekolah atas terlaksananya kegiatan science day ini. Semoga kegiatan serupa dapat diikuti oleh sekolah-sekolah negeri khususnya yang berada di wilayah Ciputat Timur. Setelah dibuka, pengawas yang didampingi oleh Kepala SD Lab School FIP UMJ Dindin Rosyidin, SS, S.Pd melakukan peninjauan langsung percobaan-percobaan yang dilakukan oleh setiap kelas dan sesekali memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa yang melakukan praktikum. (drs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *