KHATMUL QUR’AN LABSCHOOL FIP UMJ “ NGAJI ITU PENTING, BUKAN YANG PENTING NGAJI “
February 6, 2022
Melawan Jenuh Siswa/I SD Lab School FIP UMJ Tetap Semangat Dalam Mengikuti Pelaksaan Penilaian Tengah Semester Genap Tahun Ajaran 2021-2022
March 1, 2022
Show all

Menyongsong Pembelajaran di Masa Pandemi

Oleh: Wali Kelas 1: Arkianti Lalita Fatimatuzzahra, S.Pd., Lyfia Nurul Novicha, S.Pd., Yuda Wawanti, S.Pd., Khairadha Maharani, S.Pd.

Sudah hampir 2 tahun pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah mengubah sistem kehidupan manusia di segala bidang kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Adanya kebijakan untuk melakukan work from home (WFH), social and physical distancing, megharuskan masyarakat tetap #dirumahsaja, bekerja, beribadah dan belajar dari rumah. Kondisi demikian menuntut lembaga pendidikan melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang berbasis teknologi sangat diperlukan pada pembelajaran di masa pandemi ini. Para tenaga pendidik dan peserta didik diharapkan dapat menyesuaikan diri dan memanfaatkan teknologi.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi pilihan utama dalam menyerap materi yang dipilih peserta didik pada masa pandemi. Daring, luring dan blended merupakan cara untuk para peserta didik melaksanakan proses PJJ. Penguasaan teknologi dalam menggunakan gawai, laptop, WhatsApp, dan berbagai jenis media yang bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan pembelajaran daring menjadi hal yang sangat urgent. Apapun bentuk proses pembelajaran baik daring, luring maupun blended harus tetap dilaksanakan agar pembelajaran tetap berjalan.

Di SD Lab School sendiri berbagai cara pemanfaatan teknologi sudah dilakukan, seperti pembuatan video pembelajaran yang diupload di channel Youtube Pesona Guru, dan pembelajaran melalui aplikasi Zoom, evaluasi pembelajaran melalui Google Form dan Quizizz. Semua dilakukan agar proses pembelajaran dapat berlangsung dan peserta didik tetap merasakan pembelajaran yang baik dan menyenangkan. Proses pembelajaran jarak jauh ini tak luput dari kolaborasi antara pihak sekolah dengan orang tua peserta didik di rumah. Orang tua turut berperan sebagai pendamping para peserta didik saat belajar di rumah. Walaupun terdapat kendala di lapangan, misalnya kurangnya pengetahuan di bidang IT, sinyal yang kurang stabil.

Kegiatan Pembelajaran Kelas 1 SD Lab School FIP UMJ Melalui Aplikasi Zoom

Saat ini banyak siswa yang sudah sangat merindukan suasana sekolah belajar di dalam kelas, Beberapa orang pun mulai resah menjalani pembelajaran daring terutama orang tua yang bekerja. Karena mereka harus membagi waktu antara pekerjaan dan mengajarkan anak materi-materi pembelajaran di rumah, belum lagi orang tua yang pulang kerja sudah larut malam. Beberapa anakpun sudah mulai lelah melalui pembelajaran daring ini, beberapa dari mereka sudah mulai bosan karena hanya menatap layar kaca pada saat pembelajaran tiba.

Untuk itu guru, kepala sekolah, orang tua/wali dan peserta didik harus bekerja sama dan berperan dalam menumbuhkan semangat belajar yang tinggi serta mencari problem solving dalam mengatasi berbagai kendala yang dihadapi peserta didik dalam menyerap materi baik daring, luring maupun blended. Bisa dengan memberikan pengalaman pembelajaran yang berkesan, menyenangkan dan menyesuaikan materi yang dibutuhkan anak.

Mulai Januari 2022, semua satuan pendidikan pada wilayah PPKM level 1, 2 dan 3 wajib melaksanakan PTM terbatas. Pemda tidak boleh melarang PTM terbatas bagi yang memenuhi kriteria dan tidak boleh menambahkan kriteria yang lebih berat. Demikian ditegaskan Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemendikbudristek, Jumeri, S.TP., M.Si., pada webinar Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Tahun 2022, Senin, 3 Januari 2022. Pemerintah terus mendorong untuk diselenggarakannya pembelajaran tatap muka terbatas sesuai dengan protokol kesehatan yang mengacu kepada SKB 4 Menteri.

Alhamdulillah dari hasil verifikasi Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, SD Lab School FIP UMJ merupakan salah satu Sekolah Dasar di Kecamatan Ciputat Timur yang diperkenankan untuk mengadakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas. Maka sejak tanggal 13 September 2021 SD Lab School FIP UMJ mulai menyelenggarakan PTM terbatas. Hal ini tentunya sangat menggembirakan bagi guru, peserta didik dan orang tua peserta didik. Mereka menyambut dengan suka cita. Anak-anak mulai berangkat ke sekolah menggunakan pakaian seragam yang baru tentunya. Karena selama masa pandemi pakaian mereka tidak bisa dipakai.

Meskipun barangkat sekolah hanya 50% jumlah siswa, tidak membuat mereka patah semangat. Adapun bebrapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sekolah agar dapat diverifikasi oleh dinas terkait diantaranya: Sekolah harus memiliki MOU dari Dinas Kesehatan. Dalam hal ini Puskesmas Kecamatan sebagai mitra kerjasamanya. Sekolah harus memiliki ijin persetujuan dari orang tua siswa,jika mereka mengijinkan,maka pembelajaran dapat dilaksanakan.  Tetapi jika mereka tidak mengijinkan,maka pembelajaranpun tidak bisa terselenggara.

Tersedianya fasilitas yang ada di sekolah seperti tempat cuci tangan, sabun cuci tangan, handsanitizer dan tisu yang ada pada setiap kelas, adanya masker cadangan yang harus disediakan oleh sekolah minimal dua kali jumlah siswa di sekolah tersebut. Hal ini dimaksudkan agar apabila siswa yang datang ke sekolah tidak memakai masker atau masker yang digunakan siswa kotor, maka mereka akan menggunakan masker yang disediakan oleh sekolah.

Setiap hari sebelum pembelajaran dimulai, semua ruang kelas harus terlebih dahulu disemprot dengan cairan disinfektan. Sebelum memasuki halaman sekolah anak-anak harus dicek suhunya terlebih dahulu.Jika suhu anak lebih dari 37.50⁰C maka anak tersebut tidak diperkenankan masuk ke ruang kelas. Sebelum masuk ke ruang kelas mereka harus cuci tangan terlebih dahulu ditempat cuci tangan yang sudah tersedia. Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan tatap muka terbatas setiap hari hanya 50% dari jumlah total siswa keseluruhan. Kedatangannyapun antar kelas diberi jarak waktu kurang lebih 10 menit tiap kelasnya.

Pelaksanaan pembelajaran berlangsung hanya 4 jam pelajaran atau 2 jam waktu yaitu 120 menit. Jarak tempat dudukpun dibatasi satu anak satu meja. Dalam pembelajaran di kelas tidak diperkenankan ada guru lain selain guru kelasnya. Ketika pembelajaran telah usai maka untuk pulangpun diatur secara bergiliran,sehingga masing-masing anak tidak bertemu lintas kelas. Melalui PTM terbatas sedikit demi sedikit kita mengembalikan semangat belajar yang telah hilang juga mengembalikan rasa tanggung jawab yang telah bergantung pada orang tua.

Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas kelas 1 SD Lab School FIP UMJ

Namun ketika para siswa sudah mulai nyaman dan dapat bersosialisasi secara langsung dengan temannya di sekolah selama kurang lebih 4 bulan pembelajaran tatap muka berlangsung, tak dapat  dipungkiri bahwa kasus Covid di Indonesia kembali melonjak. Kenaikan kasus konfirmasi harian COVID-19 sudah mencapai 12.422. Hal ini menyebabkan kekhawatiran berbagai pihak. Hingga akhirnya dengan berat hati banyak sekolah yang sementara memberhentikan  kegiatan pembelajaran tatap muka termasuk SD Labschool FIP UMJ.

Kita berharap semoga pandemi ini cepat usai, dan kita dapat belajar lagi disekolah bersama teman-teman dan guru. Semoga harapan ini menjadi nyata. Teruslah berdoa semoga pandemi ini cepat berakhir. Agar semua kembali normal seperti dulu lagi. Teruslah semangat belajar meskipun dari rumah dan patuhi protokol kesehatan.

Tangerang Selatan, 09 Februari 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *