Kepala Sekolah SD Lab School FIP UMJ Terpilih Sebagai Peserta The Second Run Of SEAMEO INNOTECH‘S Online Version Of The Southeast Asian School Leadership Program (SEA-SLP) Tingkat Asia Tenggara
April 4, 2022
Doa Bersama Siswa/Siswi kelas 9 SMP Lab School FIP UMJ untuk Kelancaran Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah
April 20, 2022
Show all

RAMADAN DI HATI

Oleh Sri Mustikaningsih, S.Pd. dan Karimatul Ulya, S.Pd.

Marhaban ya Ramadan . . .

Marhaban ya Kareem . . .

Alhamdulillahirobil’alamin kita dapat bertemu kembali pada bulan Ramadan 1443 H yang berkah ini. Bulan Ramadan adalah bulan yang paling dinantikan umat islam seluruh dunia, karena banyak keutamaan dan keistimewaan di dalamnya. Saat Ramadhan kali ini masih dalam keadaan pendemi covid-19. Semoga ibadah dibulan Ramadan ini kita senatiasa diberikan kesehatan, kelancaran dan keberkahan dalam menjalankanya. 

Dalam tafsin Ibnu Kasir dijelakan Ramadan berasal dari kata syiddatur ramda artinya panas yang terik. Ramadan yakni bulan yang membakar panasnya, mengesankanbahwa siapa yang menyambut bulan ramadan dengan benar dan antusias maka akan pupus, habis terbakar dosa-dosanya. Dalam hadist yang diriwayatkan Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW telah bersabda yang artinya : “Anas bin Malik bercerita bahwa Rasulullah SAW bersabda, dinamakan romadlon karena membakar dosa dalam arti membakar sekaligus melenyapkan dosa.”

Dalam hadist disebutkan jika telah datang bulan Ramadan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan saiton dibelenggu. Bulan Ramadan adalah anugerah dan nikmat yang agung yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada umat nabi Muhammad SAW di dalamnya terdapat keutamaan-keutamaan dan hikmah khusus yang diberikan Allah SWT kepada hambanya yang iklas dan tulus menjalankan ibadah puasa, serta ibadah-ibadah lainnya. 

Tahun ini sesuai kalender awal puasa bulan Ramadan1443 H pada Sabtu, 2 April 2022. Melaksanakan puasa Ramadan merupakan kewajiban bagi tiap muslim. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 183, Allah SWT berfirman yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebegaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa“.

SD Lab School FIP UMJ di bulan Ramadan ini tetap melaksanakan PTM 100% berdasarkan surat edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan Nomor: 421/2007-DISDIKBUT tentang “Pemberlakuan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan durasi 6 jp atau 3 jam. Dengan mematuhin protokol kesehatan yang berlaku, siswa sebelum memasuki ruangan kelas diwajibkan untuk melakukan screening oleh Satgas, jika ditemukan siswa yang tidak sesuai dengan standar screening akan dipulangkan dan diminta untuk istirahat di rumah. KBM selama bulan Ramadan tetap mematuhi protokol kesehatan, siswa dan guru tetap memakai masker serta menjaga jarak. 

SD Lab School FIP UMJ dengan branding Sekolah Karakter Berbasis Al Qur’an melalui Metode Qiroati. Pembelajaran Qiroati yang sebelumnya dilaksakana secara daring atau online, di bulan Ramadan ini alhamdulillah Qiroati dilakukan secara offline atau PTM di sekolah. Proses pembelajaran Qiroati tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak. Semoga dengan PTM Qiroati menjadi lebih efektif dalam pembelajarannya. 

SD Lab Shool FIP UMJ pada tahun ini mengusung tema “Ramadan di Hati”. Dengan harapan siswa-siswi menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya dibulan Ramadan dengan ikhlas, senang, penuh semangat. Terdapat beberapa kegiatan unggulan selama bulan Ramadaan di SD Lab School FIP UMJ, di antaranya Kultum Ramadahan (KURMA) menjelang berbuka, Khataman Qur’an One Day Half Juz yang diikuti oleh seluruh pimpinan, dewan guru dan karyawan SD Lab School FIP UMJ, kemudian dilanjutkan salat zuhur berjama’ah, KBM Ramadan bagi siswa-siswa dan Buka Puasa Bersama untuk seluruh pimpinan, dewan guru dan karyawan SD Lab School FIP UMJ. 

Semoga kita dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadan dengan maksimal dan diberikan kelancaran sampai akhir Ramadan. Semoga kita semua diberikan kesempatan untuk bertemu dan menjalankan bulan Ramadan di tahun-tahun berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *