SEMARAK HARI GURU NASIONAL 2021 DI SD LAB SCHOOL FIP UMJ
December 3, 2021
Hasil Test Wawancara Calon Peserta Didik SMP Lab School FIP UMJ T.A 2022/2023
December 18, 2021
Show all

GURU, PAHLAWAN MILENIAL MASA KINI

Oleh: Siti Nurjanah, S,Sos., Devi Wahyuni, S.Pd., Nurul Laili Maftuhah, S.Pd.

Apa yang terpikir Ketika mengingat bulan November?

November adalah bulan dimana diperangatinya dua hari besar nasional yang erat kaitannya dengan dunia pendidikan yaitu hari pahlawan dan juga hari guru nasional. Pahlawan dalam sejarah perjalanan kemerdekaan bangsa Indonesia tentunya kita mengenal para pahlawan merupakan sosok hebat yang berjuang dengan  keberaniannya demi menyejahterakan dan memerdekakan bangsa ini dari para penjajah. Namun seiring perkembangan zaman, kini duniapun tengah memasuki era revolusi industri 4.0 dimana sumber daya manusia yang tidak hanya mengandalkan kekampuan teknis saja, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah dunia menjadi semakin maju dengan kemunculan teknologi. Selain teknologi yang berubah pemikiran manusiapun berubah Begitupun pemahaman mengenai pahlawan, Pengertian pahlawan bukan hanya pada para pejuang yang berusaha memederkakan bangsa namun saat ini banyak sebetulnya orang-orang berjiwa pahlawan di sekitar kita yang memiliki jasa besar.

Salah satunya yaitu Guru yang merupakan sosok pahlawan dalam dunia Pendidikan, sosok pahlawan yang dengan usahanya mendidik dan memberikan ilmu kepada para anak didiknya agar kelak bisa menjadi generasi yang dapat mengubah kemajuan bangsa ini di masa depan.  Di era yang semakin maju ini guru dituntut untuk sigap dengan kemajuan teknologi, terutama saat dunia ini sedang berada pada masa pandemik Covid-19. Guru tidak hanya dituntut mengajar namun harus menguasai teknologi terkini dan juga harus lebih inovatif dalam memberikan pembelajaran.

Guru memiliki makna yang sangat luas, dimana guru bisa diperuntukkan kepada orang tua yang telah membesarkan kita dan juga dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam masa pandemi ini orang tua juga merupakan guru untuk anak-anak dalam pembelajaran secara online seperti saat sekarang ini.

Guru bukan hanya sekedar sebuah profesi melainkan seorang guru juga memiliki tugas dalam menyebarluaskan ilmu yang bermanfaat untuk orang lain. Tak dipungkiri guru adalah ujung tombak penerus bangsa. Dalam islampun guru mendapat tempat istimewa, seperti tertulis dalam sebuah hadits:

Barangsiapa memuliakan orang berilmu (guru), maka sungguh ia telah memuliakan aku. Barangsiapa memulikan aku, maka sungguh ia telah memuliakan Allah. Barangsiapa memuliakan Allah, maka tempatnya di surga”.

Selain itu, karena begitu istimewanya guru yang sering kita dengar dengan istilah pahlawan tanpa tanda jasa. Bertepatan pada bulan November seluruh Indonesia memperingatinya sebagai hari guru nasional yang jatuh pada tanggal 25 November 2021. Seluruh pelosok memperingati hari ini sebagai tanda rasa bangganya terhadap guru dan sebagai apresiasi semangat juang pada mendidik dalam memajukan anak bangsa kelak. Pada hari guru nasioanl, semua guru banjir ucapan dan rasa ucapan terima kasih yang begitu besar dari sekolah, siswa, maupun orang tua siswa.

Apresiasi terhadap seluruh guru di hari guru nasional ini juga dilakukan oleh Sekolah SD Lab School FIP UMJ. Sekolah memperingati hari guru sebgai bentuk memberikan hari istimewa untuk guru-guru tercinta dengan mengusung tema “meningkatkan peran guru dalam dalam mewujudkan pendidik yang inspiratif dan inovatif. Dalam acara ini guru disuguhkan dengan kegiatan penuh kesenangan seperti acara tukar kado, games yang mengundang kebahagian semua guru, dan juga begitu banyak apresiasi yang diberikan oleh sekolah pada hari itu Seperti apresiasi kepada guru-guru terbaik sebagai motivasi untuk selalu semangat dan tak kenal lelah dalam mendidik.  Selain itu sekolah juga memberikan tanda kasih sebagai tanda kenangan yang akan selalu dikenang oleh setiap guru. Banyak juga pesan yang diberikan komite sekolah yang ikut serta dalam perayaan hari guru nasional sebagai bentuk ucapan terima kasih atas segala yang telah diberikan oleh guru.

 Pada saat akhir acara kepala sekolah memberikan waktu spesialnya untuk memberikan sedikit refleksi kepada guru-guru, agar selalu semangat dan pantang menyerah dalam mendidik anak bangsa demi kemajuan kelak.  karena guru merupakan penerus pahlawan dalam memajukan bangsa ini.

 Dalam malam refleksi Bapak Dindin Rosydin M.Pd selaku kepala sekolah juga memberikan motivasi kepada seluruh guru dan mengucapkan rasa terima kasihnya atas kinerja guru-guru selama bertugas di Lab School FIP UMJ.  Pada hari yang special ini guru- guru juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh siswa dan orang tua yang selalu memberikan kepercayaan kepada guru untuk menjadi sosok yang dapat diguguh dan ditiru. Semoga semangat juang para guru Indonesia tak hanya tercermin saat hari guru saja namun disetiap harinya. Terima kasih pada guru Indonesia yang selalu sabar dan penuh kasih sayang dalam mendidik anak bangsa, semoga kelak jasamu akan selalu terkenang dihati para anak didikmu.

SELAMAT HARI GURU NASIONAL PARA GURU INDONESIA. PAHLAWAN MASA KINI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *