RAKOR PROGRAM PPK DAN RAKER KOMITE BERJALAN LANCAR

KEPALA SEKOLAH SD LAB SCHOOL FIP UMJ IKUTI BIMTEK PPK
August 21, 2017
SD LAB SCHOOL FIP UMJ SABET JUARA UMUM TAPAK SUCI
August 28, 2017

RAKOR PROGRAM PPK DAN RAKER KOMITE BERJALAN LANCAR

Rabu, 23 Agustus 2017 telah berlangsung Rapat Koordinasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Rapat Kerja Komite SD Lab School FIP UMJ Tahun Pelajaran 2017-2018. Di sesi awal Kepala SD Lab School FIP UMJ Dindin Rosyidin, SS, S.Pd memberikan materi tentang konsep dasar Program Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah. Dalam pemaparannya Kepala Sekolah kembali menegaskan bahwa karakter utama yang akan dibentuk dari program ini adalah religious, nasionalis, mandiri, gotongroyong dan integritas. Ke lima nilai utama tadi akan terwujud apabila tiga pusat pendidikan yang disebut tri pusat pendidikan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat berintegrasi dan mensupport program penguatan pendidikan karakter ini. Pada kesempatan itu juga Kepala Sekolah menekankan urgensinya peran komite sekolah dalam mengimplementasikan program PPK. Peran komite sekolah sangat penting dalam mengimplementasikan program PPK karena komite adalah pemangku kepentingan utama pendidikan.
Di sesi ke dua ketua Komite SD Lab School FIP UMJ Septi Dursbianti mempresentasikan program komite sekolah tahun ajaran 2017-2018. Berikut adalah rencana kegiatan komite antara lain:
1. Mengadakan pengajian rutin bulanan yang juga akan dijadikan sebagai wadah aspirasi aorang tua siswa
2. Mengadakan kelas inspirasi dimana orang tua terlibat sebagai nara sumber dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah
3. Mengadakan Tasmi kelas (setoran hafalan siswa di hadapan orang tua)
4. Mengadakan parenting
5. Family gathering
6. Buka bersama
7. Mengadakan eskul fun cooking dengan melibatkan coordinator kelas
Setelah dua sesi dilaksanakan, kemudian berikutnya dibuka forum Tanya jawab untuk mendapatkan saran, masukan dan pendapat dari peserta rapat. Kegiatan ditutup dengan penampilan senam otak oleh Bunda Amelia Sofyan yang menghidupkan suasana forum rapat. (drs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *