Lab School FIP UMJ Adakan Pengajian Online

PENUNDAAN OBSERVASI GELOMBANG 3 KB-TK-SD-SMP LAB SCHOOL FIP UMJ
March 25, 2020

Lab School FIP UMJ Adakan Pengajian Online

Bulan Ramdahan adalah bulan mulia. Dalam mengisi bulan yang mulia itu, Lab School FIP UMJ mengadakan Kajian Ramdhan pada Rabu, 6 Mei 2020 pukul 09.00 sd 11.00. Pengajian diikuti oleh keluarga besar KB TK SD SMP Lab School FIP UMJ baik guru, staff karyawan, dan orang tua siswa. Pengajian dilakukan via online dengan aplikasi zoom meeting.

Dalam kajian Ramdhan 1441 H Ketua LPP AIK UMJ Ustad Dr. Saiful Bahri, MA berkesampatan memberikan tausiah. Dalam tausiah yang berjudul “Kewajiban Orang Tua dalam Mendidik Anak Perspektif Islam” , Ustad Saeful Bahri yang merupakan Doktor lulusan Al-Azhar Kairo ini menjelaskan hak-hak anak dan kewajiban orang tua. Menurut Wakil Ketua Komisi Seni dan Budaya MUI Pusat ini, secara garis besar terdapat 9 hak anak yang harus dipenuhi oleh orang tua antara lain:

  1. Didoakan dengan baik
  2. Diberi nama dan dipanggil dengan panggilan yang baik
  3. Dijaga dan dilindungi
  4. Dinafkahi dari harta yang halal dan thayib
  5. Dididik, dibina dan dimotivasi untuk mencintai ilmu (learning habit)
  6. Dikembangkan potensinya
  7. Diajak berdialog dan komunikasi dengan baik
  8. Didekatkan dengan komunitas yang baik
  9. Dihantarkan membina keluarga yang baik

Sambungnya, menurut Ustad saiful yang juga anggota Tim Tafsir Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) Kemenag, di samping anak-anak memiliki hak-hak yang harus dipenuhi orang tua, orang tua juga mempunyai kewajiban-kawajiban yang harus dilakukan. Adapun kewajiban orang tua yang harus ditunaikan adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pendidikan utama yaitu akidah
  2. Menjadikan rumah sebagai sekolah/madrasah pertama untuk anak
  3. Orang tua harus menjadi teladan pertama bagi anak
  4. Memastikan teman, lingkungan dan komunitasnya menjadi kristalisasi karakter

Dengan memperhatikan kedua aspek di atas yaitu hak anak dan kewajiban orang tua, insyallah anak akan menjadi pribadi yang soleh dan solehah, sukses di dunia dan diakhirat. Setelah pemaparan ustad, kajian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan berjalan dengan lancar dan harapannya kajian ini dapat menjadi pedoman bagi orang tua dalam mendidik putera puterinya. (drs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.