Kunjungan Sekolah Rendah Hidayah Johor Bahru ke Lab School FIP UMJ

CPF Mendapatkan Simpati Masyarakat
December 3, 2018
Hasil Observasi SD Lab School FIP UMJ Gelombang 1
December 15, 2018
Show all

Kunjungan Sekolah Rendah Hidayah Johor Bahru ke Lab School FIP UMJ

 

 

Selasa, 11 Desember 2018, sebanyak 20 guru Sekolah Rendah Hidayah Johor Bahru, Malasyia melakukan kunjungan persahabatan (Lawatan Mahabbah) ke SD Lab School FIP UMJ. Kedatangan rombongan disambut dengan Tari Bakul dan penampilan Qiroati  yang disajikan oleh adik-adik TK Lab School FIP UMJ. Dalam acara penyambutan itu hadir Rektor Universitas Muhammadiyah Prof, Dr. Syaiful Bahri, SH, MH, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ Dr. Iswan, M.Si, Pengelola Lab School FIP UMJ Drs. Imam Mujtaba dan Dr. Hj. Herwina Bahar, MA, serta Kepala Sekolah di lingkungan Lab School FIP UMJ.

Dalam sambutannya Bapak Rektor menjelaskan bahwa hubungan kedua negara antara Malasyia dan Indonesia sangat baik karena keduanya berasal dari rumpun yang sama yaitu rumpun melayu sehingga banyak sekali kesamaan bahasa, budaya, sosial dan tatanan lainnya. Rektor mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Sekolah Rendah Hidayah yang telah memberikan pelayanan baik kepada siswa-siswi SD Lab School FIP UMJ saat melakukan Sit-In Program pada bulan Juli 2018.

Sebagai pemegang amanah Sekolah Rendah, Ustad Jaelani mendapatkan kesempatan  untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan rasa terima kasih yang tak terhingga atas penyambutan yang luar biasa. Beliau menyampaikan bahwa kedatangan guru-guru dari Sekolah Rendah Hidayah Johor Bahru itu untuk belajar dan mendapatkan praktek-prakter terbaik (best practice) yang telah diterapkan di sekolah untuk kemudian dikembangkan di Sekolah Rendah Johor Bahru.

Sesi berikutnya yaitu pemaparan tentang implementasi pendidikan karakter di Lab School FIP UMJ yang dibawakan oleh Ibu Dr. Hj. Herwina Bahar, MA selaku pengelola. Dalam pemaparan kurang lebih satu jam itu, Ibu Herwina mempresentasikan sejarah pendirian Lab School sampai bisa berkembang dan tetap eksis hingga sekarang. Terdapat dua identitas dan ciri khas Lab School yang berbeda dengan sekolah lain yaitu Lab School adalah sekolah karakter yang mengedepankan nilai-nilai akhlaq dan Lab School menerapkan pembelajaran Al-Quran Metode Qiroati sebagai basis pendidikan keagamaan yang berlandaskan  kepada Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Setelah kegiatan pembukaan, rombongan melakukan visitasi ke setiap sudut ruangan dan area Lab School. Kesan mereka sangat baik dan mereka mengatakan banyak yang mereka dapatkan setelah mengunjungi Lab School FIP UMJ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *