KELAS INSPIRASI 3.2 MENJADIKAN KELAS LEBIH BERWARNA

KELAS INSPIRASI 2.2 ”SEHARI BERBAGI PROFESI”
September 16, 2017
SERUNYA SISWA KELAS 3.1 DIAJAK NAIK ANGKOT
September 18, 2017

KELAS INSPIRASI 3.2 MENJADIKAN KELAS LEBIH BERWARNA

 

 

Kelas inspirasi 3.2 telah dilaksanakan pada hari kamis, 14 September 2017. Kegiatan itu dimulai pukul 08.00 seteleh muslim dan muslimah menunaikan shalat dhuha, baca iqra dan membaca ikrar. Pemateri kelas inspirasi di kelas 3.2 adalah Ayah Ara dan Ayah Cici dengan sub tema Kemajuan Teknologi Trasportasi. Pada kesempatan itu juga terdapat perwakilan beberapa orang tua murid yang ikut berpartisipasi di dalam kelas inspirasi yang di oleh koordinator kelas. Kehadiran orang tua murid saat kelas inspirasi menjadikan kelas lebih hidup, ada beberapa siswa pada awalnya malu – malu dan seiring berjalannya waktu siswa tersebut dapat menyesuaikan dan bisa menunjukan kemampuannya.

Dengan dilaksanakannya kelas ispirasi ini pembelajaran tidak lagi membosankan, menjadikan kelas lebih menyenangkan dan anak-anak seperti berada di rumahnya  sendiri. Siswa pun lebih mandiri dan berani dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Diawali dengan permainan becak kayu yang dipandu oleh Ayah Ara, permainan ini menumbuhkan karakter gotong royong dan kerjasama antar anggota kelompok untuk menunjukkan bahwa setiap kelompok mampu menunjukan yang terbaik. Setiap anggota kelompok mendapatkan tugas dan mengerjakan tugasnya dengan baik, berlomba agar kelompoknya dapat menjawab dan memilih jawaban yang tepat. Setelah masing-masing kelompok dapat memilih jawaban yang tepat siswa mampu menuliskan dan mampu menjelaskan kembali apa saja pilihan jawaban kelompoknya.

Setelah siswa bermain sambil belajar, siswa kembali diberikan pendinginan atau mendengarkan cerita, pada materi ini diisi oleh Ayah Cici yaitu beliau menceritakan penemu dan asal usul transportasi darat, laut dan udara. Setelah mendengarkan cerita dan diselingi sesi tanya jawab, siswa mampu menceritakan kembali apa saja yg disampaikan Ayah Cici.

Semangat siswapun masih sangat tinggi pada kelas inspirasi itu karena terbukti siswa menginginkan permainan dan belajar kembali. Karena keterbatasan waktu terakhir adalah pemberian reward kepada siswa yang paling baik dalam mengikuti kelas inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *