Guru-Guru Lab School FIP UMJ Mengisi Liburan dengan Mengikuti Pelatihan dan Workshop

Guru-Guru SD LAB SCHOOL FIP UMJ Meraih Juara 1 Dan 2 Di Ajang CIPTIM CUP 2021
December 20, 2021
WARNA-WARNI CLASS MEETING SEMESTER GANJIL 2021 DI SD LAB SCHOOL FIP UMJ
December 30, 2021
Show all

Guru-Guru Lab School FIP UMJ Mengisi Liburan dengan Mengikuti Pelatihan dan Workshop

SD LAB SCHOOL FIP UMJ  telah menyelesaikan pembelajaran semester ganjil dan selanjutnya seluruh guru dan siswa akan menikmati hari libur sekolah selama kurang lebih dua pekan, akan tetapi sebagian dewan guru yang sudah terpilih nama nya dan ditugaskan untuk mengikuti dan menghadiri pelatihan dan workshop yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan tema “Pembelajaran Kolaboratif di Kelas bagi Guru di Kota Tangerang Selatan” .

Kegiatan pelatihan dan workshop ini adalah salah satu program kampus yang harus  dilaksanakan karena Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah salah satu yang mendapatkan bantuan dana program penelitian kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian perguruan tinggi swasta tahun 2021. Kegiatan pelatihan dan workshop ini didukung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. kegiatan pelatihan dan workshop  ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada hari Selasa, 21-23 Desember 2021 di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kegiatan pelatihan dan workshop ini dihadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr. Ma’mun Murod, M.Si., para narasumber dan guru-guru dari sekolah swasta di Kota Tangerang Selatan.

Banyak sekali ilmu yang telah didapatkan setelah mengikuti pelatihan dan workshop pembelajaran kolaboratif ini yaitu Pembelajaran secara kolaboratif memungkinkan banyak memberikan nilai tambah, baik bagi siswa maupun bagi guru. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain; 1) Siswa mendapatkan pengalaman bekerjasama bukan hanya dengan sesama teman sekelasnya, namun dengan siswa lain yang sebelumnya belum mereka kenal, 2) Dalam pembelajaran kolaborasi, interaksi antar siswa yang baru mereka kenal menjadi terarah karena mengikuti program yang sudah direncanakan oleh guru, 3) Kegiatan yang bersifat kolaboratif biasanya akan mendorong motivasi dan semangat kompetitif dalam arti positif bagi siswa, 4) Siswa juga mendapatkan sumber belajar yang banyak dari guru selain guru sekolahnya sendiri yang selama ini mereka kenal. Di samping keuntungan-keuntungan tersebut, tentu masih banyak nilai lebih lainnya, baik yang langsung maupun yang tidak langsung.

Maka dengan mengikuti pelatihan dan workshop ini seluruh guru dapat mengimplementasikan pembelajaran kolaboratif disekolah agar pembelajaran tidak jenuh dan pengetahuan tentang ilmu teknologi akan bertambah dan dapat membantu pembelajaran disaat pandemik seperti saat sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *