Ayo Perkenalkan Makanan Tradisional Indonesia

HASIL OBSERVASI SMP GELOMBANG 2
January 18, 2019
Hizbul Wathon SD Lab School FIP UMJ Giatkan Penanaman TOGA
January 31, 2019
Show all

Ayo Perkenalkan Makanan Tradisional Indonesia

Jajanan tidak sehat akan menimbulkan berbagai macam penyakit diantaranya usus buntu, lambung, dan masih banyak lagi. Sejak dini sejatinya anak-anak diperkenalkan dengan jajanan sehat. Salah satu caranya adalah mendekatkan anak-anak  dengan berbagai makanan tradisional yang notabene dibuat tanpa pengawet dan zat-zat kimia lainnya. Atas dasar pemikiran itulah SD Lab School FIP UMJ menggelar kegiatan Market Day pada Rabu, 23 Januari 2019 dengan mengangkat tema “Memperkenalkan Jajanan Tradisional Indonesia”. Di samping memperkenalkan makanan tradisional, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun jiwa enterpreneurship siswa.

Kegiatan market day yang dipusatkan di halaman Gedung A Lab School FIP UMJ dimulai pukul 7.00 dengan  diawali sholat duha berjamaah di kelas masing-masing dipimpin oleh ketua kelas. Setelah sholat duha, mereka mulai melakukan kegiatan produksi dengan menyiapkan bahan-bahan dan peralatan yang akan digunakan. Setelah itu siswa diarahkan dan diberikan tugas masing-masing oleh wali kelas. Sebagian siswa ada yang bertugas menjadi kasir, sebagian menjadi marketing dan  selebihnya  ikut membantu wali kelas dalam memasak dan menyajikan makanan yang akan dijual. Berbagai jenis makanan ditambah minuman tradisional akan menjadi menu spesial pada market day ceria tahun ini. Berikut daftar menu dan harga dari tiap-tiap kelas.

NO KELAS MAKANAN MINUMAN
1 1.1 Siomay isi 4, tahu dan kentang Es kelapa
2 1.2 Pempek isi 2, mie kuning dan timun Es Selendang Mayang
3 1.3 Batagor Es Buah
4 1.4 Onde-onde Es Cendol
5 2.1 Cireng Isi 3 Teh Lemon
6 2.2 Lumpia Telor Teh Poci
7 2.3 Telor  Gulung isi 3 Es Biji Selasih dan Rambutan
8 3.1 Kue Cubit Es Jelly
9 3.2 Urap Jagung Es Jeruk/ Jeruk panas
10 3.3 Kue Bawang 100 gr Es Sirup
11 4.1 Bakso Es Alpukat Kocok
12 4.2 Piscok isi 2 Es Mambo
13 5.1 Sempol ayam Es Timun
14 5.2 Baklor (Martabak Telor) Jus Jambu
15 6.1 Cilok Es Sarang Burung
16 6.2 Kentang goreng Jus mangga

Kegiatan berjalan dengan lancar, seluruh jajanan laku terjual dan siswa mengikuti kegiatan jual beli dengan asyik, antusias, ceria dan menyenangkan. (drs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *