Komunitas belajar adalah sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang belajar bersama-sama dan berkolaborasi secara terus menerus untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Kegiatan komunitas belajar diharapkan berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik (literasi, numerasi, dan karakter) melalui peningkatan kualitas pembelajaran di setiap kelas.
Dalam kegiatan pendampingan komunitas belajar gemilang bapak Dindin Rosyidin, M.Pd selaku kepala sekolah SMP Lab school fip umj menjadi salah satu penggerak yang melakukan pendampingan komunitas belajar gemilang di SDN Labuan 3 Pandeglang pada tanggal 23 september s/d 24 september.
Adapun peran fasilitator adalah membantu BBGP/BGP menyiapkan kegiatan PKB melalui pendampingan pemanfaatan buku bacaan bermutu, terutama pemodelan oleh guru di sekolah tempat kegiatan , memfasilitasi diskusi refleksi awal untuk memetakan tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan materi pelatihan, memastikan kegiatan pemodelan dapat berjalan dengan efektif. , memfasilitasi diskusi penguatan setelah pemodelan (kelas terbuka) agar seluruh peserta memperoleh pembelajaran secara optimal , mendorong peserta untuk berinisiatif menindaklanjuti kegiatan pendampingan dengan membentuk dan menggiatkan komunitas belajar antar sekolah. Pada kegiatan komunitas belajar terdapat Tiga Ide Besar yang menjadi landasan dalam menjalankan seluruh kegiatan di dalamnya. Tiga Ide Besar ini akan memastikan komunitas belajar berkontribusi pada pembelajaran berkualitas yang dilakukan secara kolaboratif untuk meningkatkan hasil belajar murid.
Diharapkan dengan adanya pendampingan komunitas belajar ini maka dapat meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan membangun budaya belajar bersama yang berkelanjutan, memfasilitasi interaksi dan kolaborasi antara anggota komunitas untuk belajar secara berkelanjutan, menumbuhkan kepercayaan diri bagi anggota untuk berpartisipasi aktif di dalam komunitas, menerapkan hasil belajar yang diperoleh dari komunitas pada pekerjaan seharihari, merefleksikan hasil pelaksanaan pembelajaran untuk mendapatkan umpan balik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih efektif.