Pendidikan karakter telah menjadi topik yang semakin mendapat perhatian di Indonesia, terutama di lingkungan sekolah. Membangun karakter yang kuat dan berintegritas pada siswa menjadi bagian penting dari pembentukan generasi penerus yang dapat membawa perubahan positif di masyarakat. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana pendidikan karakter diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia dan peranannya dalam membentuk siswa yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berbudi pekerti luhur.
Pendidikan karakter dapat didefinisikan sebagai proses yang terencana untuk menanamkan nilai-nilai positif dalam diri siswa, yang meliputi pengajaran tentang etika, tanggung jawab sosial, dan pengembangan kemampuan sosial
Pada tanggal 24 september 2025 di smp lab school fip umj babinsa polsek ciputat timur bapak saptono telah memberikan arahan terkait pendidikan karakter kepada seluruh murid yang bertujuan untuk membentuk siswa menjadi individu yang tidak hanya berkompeten dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki kecakapan hidup yang mencakup nilai-nilai moral, etika, dan sosial. Ini juga bertujuan untuk mengurangi perilaku negatif di kalangan siswa, seperti bullying, kenakalan remaja, dan sikap tidak peduli terhadap sesama.