Krisis pembelajaran di Indonesia telah berlangsung lama. Berbagai pengukuran capaian hasil belajar peserta didik dalam 10 tahun terakhir (PISA, AKSI, dll) menunjukkan masih relatif rendahnya kualitas belajar di Indonesia. Berdasarkan data capaian AN 2022, khususnya yang terkait dengan kompetensi literasi, masih dijumpai sekolah dengan capaian dibawah kompetensi minimal. Dalam rangka pemulihan dan transformasi pembelajaran melalui penguatan literasi, Kemdikbudristek telah menginisiasi berbagai program, antara lain: Cetak, kirim, dan latih Buku Bacaan Bermutu.
Program pendampingan komunitas belajar untuk pendampingan penguatan Literasi dan Numerasi. Pengangkatan Guru Penggerak menjadi kepala sekolah atau peran lainnya. Pemberian Advokasi Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran melalui penguatan literasi Bentuk dukungan lainnya yang akan diberikan berupa Bimbingan Teknis (Bimtek), Penguatan Komunitas Belajar (Kombel), dan Refleksi Pembelajaran bagi sekolah prioritas untuk dibantu. Bentuk dukungan tersebut merupakan satu siklus kegiatan yang tujuannya sebagai upaya untuk membenahi capaian literasi yang lebih baik.
Dengan dilaksanakannya program pendampingan komunitas belajar untuk pendampingan penguatan literasi dan numerasi maka bapak Dindin Rosydin,M.Pd selaku kepala sekolah SMP LAB SCHOOL FIP UMJ menjadi fasilitator yang mensupervisi pendampingan komunitas belajar di salah satu sekolah kota bengkulu. Kegiatan PKB tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 sd 25 november 2023 di kota Bengkulu .
Tujuan kegiatan ini antara lain memberikan pemodelan pelaksanaan satu siklus komunitas belajar antar sekolah mempraktikan proses pelaksanaan kombel yang mengangkat topik pembenahan lingkungan fisik, kegiatan membaca untuk kesenangan, dan pembelajaran menyusun rencana tindak lanjut untuk penguatan komunitas belajar antar sekolah.