KHATMUL QUR’AN LABSCHOOL FIP UMJ “ NGAJI ITU PENTING, BUKAN YANG PENTING NGAJI “

Hasil Observasi SD Lab School FIP UMJ Gelombang 1
January 22, 2022
Menyongsong Pembelajaran di Masa Pandemi
February 10, 2022
Show all

KHATMUL QUR’AN LABSCHOOL FIP UMJ “ NGAJI ITU PENTING, BUKAN YANG PENTING NGAJI “

Membaca ayat-ayat Al-Quran adalah bagian dari mempelajari untuk mengamalkannya, sebagaimana kata Nabi mn hm Saw. “khirukum man ta ‘allamal Qurana wa ‘allamah”. (Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengamalkannya). Selain dari hadits di atas tentu masih banyak lagi dalil yang membahas mengenai pentingnya belajar Al-Quran sebagai pedoman hidup manusia agar selamat di dunia dan akhirat kelak.

Khotmil Quran dalam metode Qiraati adalah tahapan akhir dalam proses belajar siswa. Untuk itu SD Lab School FIP UMJ telah melaksanakan kegiatan khatmul Quran sebagai tahapan akhir dalam kegiatan belajar Qiraati yang sudah berjalan selama 4 tahun. Di dalam kegiatan ini terdapat beberapa tahapan mulai dari: Pratas Lembaga, Pratas Jaksel, Pratas Imtas dan Khotmul Quran.

Pada hari Rabu, 26 Januari 2022 di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta telah dilaksanakannya Khatmul Quran Tingkat Pertama Lab school FIP UMJ. Kegiatan Khatmul  Quran ini di hadiri oleh Bapak Dr. Ma’mun Murod, Msi. selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Bapak Dr. Iswan, M.Si. selaku Dekan FIP UMJ, Bapak KH. Dachlan Salim Zarkasy selaku pendiri qiraati, Bapak Dr. Imam Mujtaba selaku kepala yayasan Lab School FIP UMJ, Bapak Dindin Rosydin, M.Pd. selaku kepala sekolah SD Lab school FIP UMJ dan seluruh peserta Khatmul Quran siswa/siswi SD-SMP Lab School FIP UMJ.

Semoga setelah tercapainya sahadah siswa/siswi Lab school FIP UMJ diharapkan agar tetap istiqomah menerapkan ilmu membaca Al-Quran dan menjadi sahadah yang bermanfaat dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.