Bapak Dindin Rosydin,M.Pd Mengikuti Kegiatan Review Materi Modul Ajar Literasi Di Golden Tulip Essential Tangerang

Bapak Dindin Rosydin,M.Pd  Mengikuti Kegiatan Rapat Luar Kantor Penyusunan Laporan Kegiatan PPG Prajabatan Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2023
November 19, 2024
Show all

Bapak Dindin Rosydin,M.Pd Mengikuti Kegiatan Review Materi Modul Ajar Literasi Di Golden Tulip Essential Tangerang

Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana siswa dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan siswa, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Literasi pada awalnya dimaknai ‘keberaksaraan’ dan selanjutnya dimaknai ‘melek’ atau ‘keterpahaman’. Pada langkah awal, “melek baca dan tulis” ditekankan karena kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal.

            Pemahaman literasi pada akhirnya tidak hanya merambah pada masalah baca tulis saja. Menurut Word Economic Forum (2016), peserta didik memerlukan 16 keterampilan agar mampu bertahan di abad XXI, yakni literasi dasar (bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana peserta didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana peserta didik menyikapi perubahan lingkungan mereka). Berikut adalah penggambaran hal itu (Word Economic Forum, 2016).

            Selain itu, ada juga tiga literasi lainnya yang perlu dikuasai oleh peserta didik, yakni literasi kesehatan, keselamatan (jalan, mitigasi bencana), dan kriminal (bagi siswa SD disebut “sekolah aman”) (Wiedarti, Mei 2016). Literasi gesture pun perlu dipelajari untuk mendukung keterpahaman makna teks dan konteks dalam masyarakat multikultural dan konteks khusus para 1 Cf. Satgas GLS Ditjen Dikdasmen, 2016a. 2 difabel. Semua ini merambah pada pemahaman multiliterasi. Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religius, (2) nasionalis, (3) mandiri,(4) gotong royong, (5) integritas (Depdikbud, 2016).

            Demi perbaikan modul ajar literasi yang bertujuan untuk membenahi dan mengevaluasi modul ajar literasi agar menjadi suatu perangkat atau modul ajar yang lebih sempurna maka Bapak Dindin Rosydin,M.Pd menghadiri pelaksanaan kegiatan review modul ajar literasi di golden tulip essential tangerang, 9 oktober 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.