SD LAB SCHOOL FIP UMJ Mengadakan Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM ) Di Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ

ANAK-ANAK LAYAK MENDAPATKAN PENDIDIKAN MESKIPUN DI MASA PANDEMI COVID-19
September 6, 2021
Sosialisasi PTMT SD LAB SCHOOL FIP UMJ Berjalan Lancar
September 20, 2021
Show all

SD LAB SCHOOL FIP UMJ Mengadakan Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM ) Di Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ

Pada hari Kamis, 2 September 2021 SD Lab School FIP UMJ mengadakan simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dilaksanakan di Fakuktas Ilmu endidikan UMJ. Peserta dari kegiatan simulasi ini di lakukan oleh beberapa  siswa/I kelas 5 SD Lab School FIP UMJ yang berdasarkan data dapodik yang telah dipilih berdasarkan sampel acak oleh kementerian.

Asesmen Kompetensi Minimum adalah sebuah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi , dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrument utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survey karakter, dan survey lingkungan belajar.

Asesmen Kompetensi Minimum ini perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Dan juga untuk mengukur literasi membaca dan numerasi matematika murid.

Dokumentasi Kegiatan Simulai AKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *