SD LAB SCHOOL FIP UMJ IKUTI GRAND FINAL LBM TAHUN 2017

OPEN HOUSE LAB SCHOOL FIP UMJ DIHADIRI TOMMY KURNIAWAN
November 16, 2017
labschool-fipumj
Jadwal Observasi Siswa Baru TK – SD – SMP Gelombang 1
December 12, 2017

SD LAB SCHOOL FIP UMJ IKUTI GRAND FINAL LBM TAHUN 2017

 

 

Setelah melalui 2 tahapan; administrasi dan visitasi, akhirnya SD Lab School FIP UMJ lolos ke dalam grand final Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar tahun 2017 yang diselenggarakan di Yogyakarta oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam kegiatan yang berlangsung pada 7 – 10 November 2017 itu, Kepala Sekolah Dindin Rosyidin, SS, S.Pd memberikan presentasi tentang profil sekolah, pelaksanaan managemen berbasis sekolah, pembelajaran dan managemen kegiatan ekstra kurikuler.

 Dalam pemaparannya di hadapan 3 dewan penilai, Kepala sekolah menjelaskan bahwa SD Lab School FIP UMJ adalah lembaga pendidikan dasar yang berada di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ sebagai tempat observasi dan penelitian baik mahasiswa dan dosen untuk mengembangkan keilmuannya. SD Lab School FIP UMJ memiliki kurikulum yang khas yaitu kurikulum K13 yang berbasis asmaul husna serta berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Dalam bidang managemen, SD Lab School FIP UMJ telah menerapkan MBS (Managmen Berbasis Sekolah) dimana masyarakat dalam hal ini orang tua, tokoh pendidikan, dan pihak sekolah itu sendiri bersama-sama dalam mengelola pendidikan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing secara profesional. Kerjasama dengan pihak eksternal baik dalam maupun luar negeri merupakan komitmen sekolah dalam memajukan pendidikan yang berkualitas. Dengan luar negeri, Lab School telah menjalin kerja sama dengan Integrated Islamic School Network Thailand (IISN) dengan mengadakan pertukaran pelajar untuk melakukan International Sit-In Program.

Dalam managemen Ekstrakurikuler, SD Lab School FIP UMJ memiliki 28 kegiatan ekskul untuk mewadahi minat dan bakat siswa antara lain ekskul memanah, climbing, fun cooking, futsal, traditional dance, robotic dan masih banyak ekskul lainnya yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Dalam pembelajaran, SD Lab School FIP UMJ merancang kegiatan pembelajaran yang dinamis, interaktif, dan menyenangkan. Kegiatan belajar mengajar menekankan pada dorongan rasa ingin tahu siswa dan guru berperan sebagai fasilitator.(drs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *