Market Day sebagai Implementasi Projek Based Learning

Hasil Observasi SD Gelombang 1 T.A 2020/2021
December 7, 2019

Market Day sebagai Implementasi Projek Based Learning

Pada tanggal 23-24 Januari 2020 dilaksanakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh seluruh warga SD Lab School FIP UMJ yaitu Market Day. Pada kegiatan market day tahun ini mengusung tema “Menumbuhkan Kemampuan Enterpreneur Siswa”.

Kegiatan market day ini bertujuan menumbuhkan dan menciptakan interaksi antar kelas, juga dapat memberikan pengalaman yang tidak dapat dilupakan oleh siswa-siswi SD Lab School FIP UMJ. Di samping itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan soft skill kewirausahaan yaitu dengan mengimplementasikan model Project Based Learning (PBL) Market Day. Model Project Based Learning Market Day adalah sebuah model pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan siswa untuk merekonstruksi pengetahuan, keterampilan dan mengkulminasikan dalam produk nyata serta memasarkan produknya kepada teman, guru, dan masyarakat sekitar melalui kegiatan bazar atau pasar yang diselenggarakan oleh siswa-siswi SD Lab School FIP UMJ.

Adapun menu-menu makanan yang dijual ketika bazar yaitu berbagai makanan modern ataupun kekinian yang dapat menarik perhatian para pembelinya. Harga-harga yang dijual pun bervariasi dari tiga ribu rupiah sampai sepuluh ribu rupiah. Anak-anak sangat senang dan antusias dengan adanya kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.