Kreativitas siswa pada Puncak Tema SD Lab School FIP UMJ

Kegiatan Aksi Lingkungan SD Lab School FIP UMJ
April 8, 2019
Komite Dibantu Dokcil Adakan Pemeriksaan Gigi dan Mulut
April 8, 2019

Kreativitas siswa pada Puncak Tema SD Lab School FIP UMJ

 

 

 

 

 

 

 

SD Lab School FIP UMJ selalu berusaha untuk memberikan wadah dan ruang bagi siswa dalam mengekspresikan kemampuan dan bakatnya di depan orang tua dan masyarakat. Puncak Tema yang digelar pada Rabu, 27 Maret 2019 di Aula Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ dijadikan sebagai tempat bagi seluruh siswa untuk meningkatkan percaya diri mereka melalui penampilan-penampilan tema yang dikemas ke dalam berbagai bentuk pertunjukan seperti drama, tari, menyanyi, dan puisi. Tag line dari puncak tema semester 2 ini adalah “Pengembangan Diri dengan Melestarikan Budaya Indonesia”.

Setelah dibuka dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Doa, berbagai penampilan pun mulai dipertunjukan. Setiap kelas paralel memberikan hasil kreativitasnya sesuai dengan tema pembelajaran. Kelas 1 Tema yang diambil adalah benda, hewan, dan tanaman di sekitarku. Tema itu lalu divisualisasikan dalam berbagai jenis persembahan yaitu angklung (lagu lihat kebunku), menyanyi lagu menanam pohon, menari (go green) dan drama musikal dengan mengambil tema “Menjaga Lingkungan”. Kelas 2 mengangkat tema kebersamaan dengan menampilkan “Drama Musical”. Kelas 3 menjadikan Permainan Tradisional sebagai puncak tema. Mereka menampilkan permainan ular tangga, petak umpet, silat, enggrang batok, rangka palu, congklak dan tapak gunung. Kelas 4 mengambil tema cita-citaku. Kelas 4 dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok muslim dan muslimah, keduanya membawakan lagu anak-anak  yang berkaitan dengan profesi dan kelas 5 menampilkan drama dengan tema “Stop Bullying”.

Ada hal yang unik dalam puncak tema kali ini dimana siswa kelas 6 membuat bazar makanan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan terutama dalam hal penyediaan makanan dan minuman. Puncak tema kali ini dianggap lebih baik pelaksanaannya dan antusias orang tua sangat tinggi. Terima kasih kepada semua pihak termasuk panitia pelaksana dan orang tua yang telah mensukseskan kegiatan ini. (drs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.