Catatan Perjalanan SD Lab School FIP UMJ di Thailand

SD Lab School FIP UMJ Banjir Tropi di O2SN Tingkat Kecamatan
February 26, 2019
University of Applied Science Lundshut Kunjungi Lab School FIP UMJ
March 4, 2019

Catatan Perjalanan SD Lab School FIP UMJ di Thailand

Salah satu kegiatan SD Lab School FIP UMJ adalah kegiatan SiT In Program bersama beberapa sekolah swasta di Tangerang Selatan antara lain SDI Amalina dan SDI Cikal Harapan, dalam rangka kunjungan persahabatan sekaligus ikut kegiatan belajar di beberapa sekolah muslim yang ada di Thailand, khususnya provinsiKrabi. Pada pemberangkatan di awal tahun 2019 yaitu terjadwal pada 11 – 18 Februari 2019 atau sekitar 8 hari di Thailand.

Senin 11 Februari tepatnya pukul 02.00 WIB dini hari adalah waktu pemberangkatan menuju Kuala Lumpur untuk transit seharian sebelum menuju ke Krabi, Thailand. Rombongan pelajar dan guru tiba di Krabi pada pukul 08.00 kemudian di jemput oleh tim dari Thailand menuju guest house. Pada keesokan harinya Selasa 12 Februari 2019 adalah kegiatan city tour mengunjungi beberapa tempat wisata di Krabi, antara lain pemandian air panas, kuil Pagoda dan pantai Krabi.

Pada hari kedua, ketiga dan keempat kami dijadwalkan mengunjungi beberapa sekolah muslim yang ada di Krabi guna bersilaturahmi dan mengikuti kegiatan belajar bersama. Ada empat sekolah yang kami kunjungi yaitu Utayyan Suska Krabi School, Mariam Kinder Garden School, Masjid Klong Jilad Upathamp School dan Anuban Muslim Krabi School. Keempat sekolah ini memberikan kesan yang luar biasa mulai dari penyambutan, pembelajaran dan perpisahan. Satu hal yang membuat kami terharu adalah antusias mereka yang luar biasa dalam menyambut kami, karena siswa siswi mereka mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan beberapa sholawat nabi menggunakan lirik bahasa Indonesia dengan baik dan fasih.

Setelah menjalani kegiatan beberapa hari, kami pun meninggalkan Krabi menuju Phuket pada Sabtu, 16 Februari 2019 menggunakan perjalanan darat ditemani tim dari Thailand. Sepanjang perjalanan kami sempat mampir beberapa  tempat wisata untuk memanjakkan mata dengan indahnya pemandangan di Krabi. Kemudian pada sore harinya kami tiba di Hotel penginapan di Phuket untuk istirahat seharian. Dan pada pagi harinya menuju Bangkok menggunakan pesawat terbang pada Minggu pagi pukul 05.00.

Akhirnya rombonganpun tiba di Bangkok setelah 3 jam terbang, kemudian berkunjung kebeberapa tempat seperti Museum dan tempat belanja, setelah itu menuju Hotel untuk istirahat dan pada pagi harinya kami menghadiri udangan ke KBRI Bangkok untuk menceritakan pengalaman dan kesan pesan.  Kemudian kegitan dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa tempat belanja, setelah itu langsung menuju Bandara Bangkok untuk kembali ke Jakarta dan akhirnya tiba di Jakarta pada pukul 21.30. Setelah berpisah dengan robongan di Bandara Soekarno Hatta kami pun kembali ke tempat masing-masing. Alhamdulillah perjalanan kami sangat berkesan. (zulkifli).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *